STKIP MUHAMMADIYAH ACEH BARAT DAYA

Sejarah

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Aceh Barat Daya diresmikan pada tanggal 27 Sya’ban 1430 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Agustus 2009 M oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yaitu oleh Bapak Drs. H. M. Goodwil Zubir. Peresmian tersebut dilaksanakan seiring telah dikeluarkannya Izin Operasional STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Nomor : 062/D.O/2009 Tanggal 02 Juni 2009. Berdasarkan izin operasional tersebut, maka STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya telah membuka dua program studi yaitu program studi pendidikan Matematika dan program studi pendidikan Bahasa Inggris.

Permulaan Tahun Akademik 2009/2010 STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya telah menerima mahasiswa baru pada dua prodi yang dibuka tersebut dengan total jumlah mahasiswa 577 orang. Dengan rincian jumlah mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika 212 orang dan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 365 orang. Sedangkan pada tahun Akademik 2010/2011 jumlah mahasiswa yang diterima 373 orang, dengan rincian jumlah mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika 166 orang dan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 207 orang. Proses perkuliahan pada tahun pertama STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya telah memiliki dan memaafkan gedung perkuliahan sendiri. Ini sebagai bukti bahwa sembari menunggu izin operasional dari Dirjen Dikti Jakarta dikeluarkan, maka unsur pimpinan STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana pendidikan terutama gedung perkuliahan yang representative di komplek pendidikan Padang Meurantee Aceh Barat Daya.

Sangat diharapkan dengan kehadiran STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya ini akan dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam melahirkan tenaga pendidik yang mempunyai sumber daya manusia yang professional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan ke depan, terutama di dalam mempersiapkan guru-guru dalam bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris yang handal di bidangnya juga mempunyai kompetensi yang tinggi di dalam menjawab segala tantangan yang ada terutama tantangan dalam era globalisasi yang kian kompetitif ini.

linked in share button