STKIP MUHAMMADIYAH ABDYA

Ramadhan Ceria Ramadhan Membaca (Kerjasama DBM Abdya bersama PUSDA Abdya)

Dipersiapkan Oleh: Mailis Sartika

Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kunci untuk membuka jendela itu. Jendela yang dapat memberikanmu informasi, membuka wawasanmu serta dapat menambah kecerdasan. Namun belakangan ini kegiatan membaca banyak diabaikan dengan alasan sibuk. Sibuk dengan kerjaan, handphone dan media sosial lainnya. Karna alasan itulah Pemerintah Abdya mulai membuat gerakan untuk menjadikan Abdya gemar membaca. Pada tanggal 14 Januari 2016 Dinas Pendidikan membuat gerakan yang disebut ABDYA MEMBACA yang berkerja sama dengan UASAID PRIORITAS merujuk pada Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 21 tahun 2015, tentang kewajiban membaca selama 15 menit sebelum memulai pelajaran. Surat keputusan Bupati Aceh Barat Daya juga menegaskan tentang hal yang sama.

Berdasarkan hal tersebut banyak instansi yang ikut mensukseskan gerakan Abdya Membaca dengan cara mereka sendiri. Begitupun yang dilakukan oleh DUTA BACA MAHASISWA ABDYA 2016. Berkerja sama dengan Pustaka Daerah Abdya DBM Abdya melaksanakan kegiatan blusukan ke 3 kampung di 4 lokasi dan 2 kecamatan di Abdya selama bulan ramadhan. Kegiatan tersebut dinamakan RAMDHAN CERIA RAMADHAN MEMBACA. SD N 1 Jeumpa Kecamatan Jeumpa menjadi tempat pertama yang di datangi oleh DBM ABDYA bersama Pustaka Keliling Abdya pada minggu pertama bulan ramadhan. Disusul dengan kampung Alue Selaseh Kecamatan Jeumpa, Desa mesjid di Kecamatan Tangan-Tangan dan Alue Rambot di Kecamatan Jeumpa.

1

Ramadhan Ceria Ramadhan Membaca di SD N 1 Jeumpa

Dalam Kegiatan RAMADHAN CERIA RAMADHAN MEMBACA, anggota DBMA membagi kegiatan menjadi tiga sesi. Sesi pertama, Anggota DBMA memperkenalkan diri dan alasan kenapa mereka berkunjung, dalam kegiatan ini salah satu angota DBMA menceritakan cerita tentang orang-orang yang sukses karna senang membaca seperti salah satunya cerita IBNU SINA yang tujuannya adalah untuk memotivasi peserta supaya giat membaca. Selain itu, dalam sesi ini juga ada sesi tanya jawab dan bernyanyi bersama yang bertujuan untuk menciptakan kedekatan antara peserta dan anggota DBMA.

2

Kegiatan membagikan kelompok

Pada sesi kedua, Anggota DBMA membagi kelompok peserta menjadi tiga kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh 1 Anggota DBMA. Kelompok pertama terdiri dari peserta yang lancar membaca. kegiatan yang dilakukan pada kelompok ini adalah membaca buku selama 15 menit dan memceritakan kembali apa yang telah di bacanya. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta mengerti apa yang telah dibaca. Kelompok kedua terdiri dari peserta yang tidak lancar membaca. Untuk kelompok ini, peserta membaca buku mereka satu persatu di depan peserta yang lain. Sedangkan yang ketiga terdiri dari peserta yang belum pandai membaca. Dalam kelompok ini, anggota DBMA yang mendampingi mengajarkan membaca mulai dari awal.

Selama melaksanakan kegiatan RAMADHAN CERIA RAMDHAN MEMBACA ini, DBMA menemukan bahwa para peserta sangat antusias dengan kegiatan membaca. mereka terlihat sangat senang saat mobil Pustaka Keliling sampai. sebagian dari mereka malah berharap Pustaka Keliling membawa banyak buku setiap harinya kekampung mereka. Harapan kami semoga kedepannya pengaktifan Pustaka Gampong seperti rencana pemerintah Aceh Barat Daya akan segera dilaksanakan. Sehingga adek-adek yang masih haus akan ilmu pengetahuan mempunyai wadah untuk menyalurkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linked in share button